Senin, 07 November 2011

PIDATO TENTANG NARKOBA



Assalamualaikum wr. wb.
Salam sejahtera.
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMA 1 Kudus.
Yang terhormat Bapak beserta Ibu Guru.
Yang terhormat Staf Tata Usaha dan Karyawan.
Dan teman-teman yang saya sayangi
                Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul di sini.
Dalam pidato kali ini, saya akan membicarakan tentang pentingnya kita menjauhi narkoba.
Apa yang dimaksud dengan narkoba? Narkoba adalah segala bentuk bahan-bahan alami maupun buatan yang dapat membahayakan tubuh manusia dan dapat menimbulkan ketagihan kepada siapa yang menggunakannya. Narkoba dapat dikelompokkan ke dalam sesuatu yang memabukkan.
Narkoba mempunyai beragam jenis dan pada awalnya narkoba digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit dan digunakan untuk kepentingan medis. Namun, sekarang ini diselewengkan penggunaannya. Generasi muda yang akhirnya terjerumus dalam mengkonsumsi dan bahkan tidak sedikit yang menjadi pengedar narkoba. Selain terlarang, narkoba juga sangat berbahaya bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara sembarangan atau tidak atas kepentingan medis narkoba merusak mental dan kesehatan genersi muda.
Narkoba terdiri berbagai jenis. Narkoba merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan obat-obatan terlarang. Narkotika berasal dari bahasa Yunani Narke yang berarti zat yang membius. Contoh-contoh narkoba antara lain adalah opium, kokain, morfin, ganja, putaw, dan zat-zat aditif lainnya.
Opium atau candu yaitu narkotika yang dihasilkan dari getah buah Candu (Papaver somniferum L.) yang belum matang.
Kokain merupakan narkotika yang dihasilkan dari daun pohon Koka (Erythroxylon coca) yang berasal dari Amerika Selatan, dimana daun dari tanaman ini biasanya dikunyah oleh penduduk setempat untuk mendapatkan “efek stimulan”. Pemakai obat ini akan sering mengomel, mudah marah, dan suka mengamuk. Dalam bidang kesehatan, kokain digunakan sebagai obat bius lokal.
Morfin dibuat dari getah Candus medis.  Kata “morfin” berasal dari Morpheus, dewa mimpi dalam mitologi Yunani.
Putaw atau Heroin terbuat dari getah opium. Putaw membuat pengguna aktif secara fisik dan mendapatkan kepercayaan diri secara cepat.
Ganja adalah jenis narkotika yang bersal dari tanaman Cannabis sativa. Ganja disebut juga marijuana, pengguna jangka panjang dapat menyebabkan gangguan paru-paru, kerusakan daya ingat, dan impotensi.
Mengapa naroba harus kita jauhi? Kerugian yang ditimbulkan oleh narkoba banyak sekali. Kerugian tersebut dapat berupa kerugian fisik dan spikis, materi dan nonmateri.
Kerugian fisik yang ditimbulkan adalah dengan merusak sistem ketahanan tubuh. Narkoba akan merusak sel-sel dan jaringan tubuh siapa pun yang menggunakannya. Orang yang suka mengkonsumsi narkoba akan terlihat kusut dan tidak sehat. Orang-orang ini tiap hari hanya berhura-hura dan banyak tidur. Mereka tidak suka bekerja. Mereka mudah sakit-sakitan dan biasanya akan berumur pendek karena jantung dan livernya mengalami kerusakan.
Kerugian psikis yang dialami oleh para pemuda yang menggunakan narkoba adalah kemampuan berfikir menjadi lemah dan bodoh. Obat-obat berbahaya tersebut merusak jaringan saraf otak sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik. Orang-orang yang menggunakan narkoba akan menjadi emosional dan bodoh. Mereka tidak suka bergaul dengan masyarakat dan sering membuat kekacauan. Mereka akan malas belajar dan berangkat sekolah. Sehingga prestasi mereka akan hancur dan masa depannya menjadi suram.
Kerugian materi yang ditimbulkan besar sekali. Hal ini dikarenakan narkoba adalah barang-barang yang bernilai jual tinggi. Sehingga siapa pun yang ingin memakainya harus mengeluarkan uang yang banyak sekali. Orang yang sudah ketagihan pasti akan mengorbankan apa saja untuk mendapatkan uang agar bisa membeli narkoba. Maka orang yang menggunakan narkoba akan menjadi miskin harta karena dihabiskan untuk membeli narkoba. Jika telah miskin, maka orang-orang ini kemudian akan melakukan kejahatan seperti mencuri dan merampok untuk mendapatkan uang agar dapat terus membeli narkoba.
Jika telah demikian, maka kemudian timbul berbagai macam kerugian nonmateri yang banyak sekali. Lingkungan menjadi tidak aman, karena banyak pencuri dan perampok yang berkeliaran. Generasi muda yang seharusnya menjadi penerus dalam pembangunan justru menjadi perusak. Akibatnya bangsa akan kehilangan kekuatannya dan akan menjadi lemah. Jika telah lemah maka akan mudah dijajah oleh bangsa lain.
Betapa mengerikan akibat yang terjadi ketika generasi muda menggunakan narkoba. Kita tentu tidak ingin negeri ini dikuasai oleh bangsa lain karena kelemahan dan kebodohan kita sendiri. Maka dari itu, saya mengajak diri saya sendiri khususnya dan saudara-saudara pada umumnya untuk bersama-sama menjauhi dan menjauhkan narkoba dari kehidupan kita agar kita selamat dari kehancuran di dunia.
Narkoba adalah musuh kita bersama. Musuh kita di dunia. Generasi muda harus jauh dari narkoba. Generasi muda harus benci narkoba. Generasi muda harus membuang jauh-jauh narkoba dan pikirannya. Generasi muda harus sadar akan bahaya narkoba yang telah mengancam kehidupan kita.
Mari kita ikrarkan “katakan tidak pada narkoba”. Kita sambut masa depan tanpa dikotori oleh narkoba. Agar negeri kembali makmur dan sejahtera.
Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan. Semoga ada manfaat yang dapat kita ambil. Apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Salam sejahtera.
Wassalamualaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar